Saturday, 10 October 2015

CB Pancasila LA41 Pertemuan Pertama ( 5 Oktober 2015 )


  Laporan Kegitan Mengajar hari 1

(5 Oktober 2015)

Taman Kanak-Kanak Ra-Zahra



Binus University ,Teach for Indonesia (TFI)

Character Building (CB) Pancasila  



Hari, Tanggal:
5 Oktober 2015


-Nama Kelompok:
-Alecia Agatha                        (Jurusan: Sastra Jepang)
-Chaerrun Nissa (Ketua)        (Jurusan: Sastra Jepang)
-Dominicus Adriel                   (Jurusan: Sastra Jepang)
-Rosy Chandra                       (Jurusan:Sastra Jepang)
-Sean Jonathan Clifford          (Jurusan :Sastra Jepang)
-Vinka Laurensia                     (Jurusan: Sastra Jepang)
-Willy Lesmana                       (Jurusan: Sastra Jepang)

-Nama PAUD:
Taman Kanak-Kanak Ra-Zahra (usia 3-4 tahun)


-Materi pengajaran hari pertama:
1.      Mengajarkan anak anak membaca dan menulis huruf alfabeth (A-Z)
2.      Mengenalkan kepada anak anak satuan angka (1-10)
3.      Mengenalkan pada anak anak tentang warna dasar dan nama nama hewan
4.      Membuat berbagai macam bentuk benda dengan origami


I.                I. Pembukaan


Senin (5/10/2015), kegiatan  hari pertama kami sebagai pengajar di TK. Ra - Zahra dimulai pada pagi hari pukul 7.30 sampai dengan pukul  10.00 siang.

Pada pagi hari pukul 06.00 semua anggota grup berkumpul di kampus Anggrek untuk membahas mengenai apa saja yang akan kami lakukan di TK. Ra - Zahra dan menyusun materi apa saja yang akan kami gunakan sebagai  materi pengajaran pada hari pertama.

Setelah menyetujui materi yang telah kami susun bersama, pada pukul 6.45 kami pergi ke sekolah Ra - Zahra dengan memakai almamater Binus beserta kartu flazz masing-masing, kami sampai di lokasi  sekitar pukul 07.15, pada saat itu juga murid – murid TK. Ra - Zahra sedang berbaris rapi untuk bersiap siap masuk ke kelas masing masing .

Kami pun juga  disambut  dengan hangat oleh Kepala Sekolah Tk. Ra - Zahra ,Beliau menanyakan tentang  materi apa saja yang akan kita sampaikan  dan menyampaikan  perihal apa saja yang harus kami lakukan agar para siswa Tk. Ra - Zahra merasa  nyaman terhadap keberadaan kita sebagai pengajar sukarela.

Pada pukul 7.30 kami pun memulai kegiata mengajar .Dari 6 anggota kelompok  yang hadir pada hari itu yaitu, Alecia Agatha, Chaerrun Nissa, Dominicus Adriel, Rossy Chandra, Vinka Laurensia, dan juga Willy Lesmana, kami pun dipecah menjadi 3 kelompok kecil, yang berisikan masing masing-masing 2 orang.
Berikut pembagian kelompoknya :
- Chaerrun Nissa dan Willy Lesmana (mengajar usia 3 tahun)
- Rossy Chandra dan Vinka Laurensia (megajar usia 4 tahun)
- Alecia Agatha dan Dominicus Adriel (mengajar usia 4 tahun)



II.            Proses Belajar Mengajar

·                      Laporan kelompok pertama

Kami dibagi menjadi 3 group untuk mengajar anak-anak berusia 3 dan 4 Tahun. Kelas berusia 4 tahun terdiri dari 2 kelas ( 4A dan 4B) sedangkan kelas berusia 3 tahun hanya 1 kelas. Kami akan membuat laporan pertama kali untuk kelas berusia 3 tahun. Kami ( Chaerrun Nissa) dan (Willy Lesmana) memberikan materi di kelas berusia 3 Tahun. Pertama-tama kami masuk keruang kelas, mereka melakukan doa bersama terlebih dahulu, 1 kelas mereka terdiri dari 10 orang. Kemudian guru kelas mereka mengabsen. Pada saat guru mereka selesai mengabsen, kami berkenalan dengan mereka dengan menyebutkan nama kami.

           Awalnya sulit untuk berinteraksi dengan mereka, mungkin karena usia mereka yang masih kecil. Namun, kami pantang menyerah, kami berusaha untuk membuat mereka nyaman dengan keberadaan kami dikelas. Setelah berkenalan, kami memberikan materi mengenai Abjad dan Angka. Awalnya kami memperkenalkan mereka huruf Abjad, kemudian salah satu diantara kami menuliskan huruf Abjad tersebut ke papan tulis. Setelah selesai menulis, kemudian kami menuntun mereka untuk membaca Abjad tersebut. Dari 10 anak, hanya 3-4 dari mereka yang sudah mengenal huruf Abjad.

            Setelah kami memperkenalkan huruf abjad, kami memperkenalkan Angka. Kebanyakan dari mereka sudah mengetahui angka yang telah kami berikan. Sekitar pukul 09:00, mereka istirahat untuk makan dan minum, namun sebelum mereka makan dan minum, mereka mencuci tangan terlebih dahulu. Mereka pun baris dengan begitu rapih. Setelah setelah cuci tangan, mereka kembali ke kelas untuk makan dan minum bekal yang  telah  orang tua mereka berikan. Ada salah satu anak yang sangat manja dengan kami, anak tersebuta bernama Runa. Selain manja, ternyata dia memiliki keterbelakangan fisik, salah satu syarafnya terjepit, sehingga dia sangat sulit untuk berkomunikasi.

            Sekitar pukul 09:30, mereka selesai makan, mereka melanjutkan aktivitas main bersama didalam kelas. Mereka bermain sambal belajar. 30 menit mereka bermain sambal belajar, dan waktu sudah menunjukan pukul 10:00, mereka merapihkan barang-barang milik mereka. Setelah selesai membereskan barang, mereka berbaris dan berdoa sebelum pulang kerumah masing-masing.Abjad.Karena anak kelas berusia 3 dan 4 tahun berbeda waktu pulangnya.Anak kelas berusia 3 tahun pulang  pada pukul 10:00. Sedangkan anak kelas 4 tahun pulang pada pukul 10:30.



·              Laporan kelompok kedua

            Pada laporan kedua dari kelompok kami, kami membuat laporan untuk anak kelas  4 A tahun. Pada group kedua, terdapat 2 teman dari kelompok kami yang memberikan materi dikelas 4 A. Materi awal yang kami ( Adriel dan Alecia) sampaikan adalah cara membaca dan menulis alfabeth. Kami menuliskan huruf huruf di papan tulis setelah itu kami  mulai mengajak anak-anak membaca bersama huruf huruf tersebut dan  membentuk sebuah kata  dari huruf huruf tersebut, seperti a untuk apel, b untuk buah dan seterusnya .

Materi kedua yang kami sampaikan adalah menegnai  warna-warna dasar ,dimulai dengan memperkenalkan warna 7 warna  pelangi dan juga  menyebutkan warna warna buah  melalui gambar - gambar yang telah tersedia di dalam kelas.

Pada pukul 09.00 murid murid beristirahat, mereka beristirahat sampai dengan pukul 09.30, lalu pelajaran pun kami lanjutkan sampai selesai, pukul 10.30.

   Materi terakhir yang kami sampaikan adalah memperkenalkan kepada mereka tentang binatang binatang yang ada di darat dan di laut dengan menggambarkannya di papan tulis. Pada pukul 10.30 pelajaran hari itu pun selesai dan di tutup dengan doa bersama .



·         Laporan kelompok ketiga

Pada laporan dari group 3 orang dari teman kami, memberikan materi dikelas yang berusia 4 tahun / 4B.

Pada hari pertama, kami ( Rosy dan Laurensia) mengajarkan tentang cara membaca huruf abjad dengan benar. Tidak hanya itu, kami juga mengajarkan bagaimana cara menulis huruf abjad. Walaupun dikelas kami sering mati lampu, tetapi itu tidak membuat kami patah semangat untuk mengajarkan adik – adik kami. Sebelum melanjutkan pelajaran berikutnya, anak – anak memakan bekal yang dibawa dari rumah mereka. Tidak lupa sebelum makan mereka sudah berbaris rapih untuk mencuci tangan. Mereka makan dengan lahap, dan ada beberapa yang tidak memakan bekal nya entah karena sudah kenyang atau apa. 

Istirahat pun akhirnya selesai dan mereka segera merapihkan bekal mereka. Pelajaran selanjutnya adalah membuat rantai dari kertas origami. Aku dan Lauren pun segera membantu mereka untuk membuat rantai nya agar menjadi panjang. Dan tak terasa hari pertama pun telah selesai. Kami sangat senang bisa mengajarkan adik – adik kami.




III.        Evaluasi 

Kami dari kelompok 4 kelas Character Bulding LA41. Saya akan melakukan evaluasi terhadap kegiatan belajar mengajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang menjadi tugas kami selama satu semester.
Kelompok kami, terdiri dari tujuh orang, yang diantaranya adalah :
1. Alecia Agatha
2. Chaerrun Nissa (Ketua)
3. Dominicus Adriel
4. Rosy Chandra
5. Sean Jonathan Clifford
6. Vinka Laurensia
7. Willy Lesmana

Namun pada kegiatan pertama kami, yaitu pada tanggal Senin, 5 Oktober 2015, salah satu anggota kami, Sean Jonathan Clifford tidak dapat menghadiri kegiatan tersebut dikarenakan kondisi tubuh yang tidak kondusif. Oleh seban itu, kami hanya menjalankan aktivitas kami berenam.

Pada pulul 07.00 kami awali dengan briefing untuk memastikan segala materi yang akan kami sampaikan kepada adik-adik nantinya. Kemudian pada pukul 07.20 kamipun berangkat ke TK RA. Az - Zahra Kreatif. Ketika kami sampai, adik-adik sedang melakukan barus berbaris sambil menyanyikan lagu-lagu nasional, mengucapkan doa-doa, dan juga melakukan absensi sampai pada pukul 08.00. Setelah adik-adik PAUD memasuki kelas masing-masing, kelompok kami dibagi menjadi tiga buah kelompok lagi yang mengajar di kelas yang berbeda. Diantaranya adalah:
1. Chaerrun Nissa dan Willy Lesmana mengajari adik-adik yang berumur tiga tahun.
2. Alecia Agatha dan Dominicus Adriel mengajari adik-adik yang berumur empat tahun.
3. Rosy Chandra dan Vinka Laurensia mengajari adik-adik yang berumur empat tahun.

Setelah pembagian kelas tersebut, kami memulai kelas dengan memperkenalkan diri, Ibu guru yang membimbing kamipun membantu mengarahkan kami dalam mengajar. Kemudian, kami mengajari Abjad dari A sampai dengan Z, memperkenalkan Angka, dan diikuti dengan latihan menulis dengan huruf kecil. Setelah pelajaran selesai,  tidak terasa jam telah menunjukkan pukul 09.00, waktunya adik-adik untuk beristirahat dan memakan bekal yang mereka bawa. Adik-adik di TK. RA Az - Zahra Kreatif tidak diperkenan untuk membawa snack seperti Taro dan sebagainya, ini diberlakukan untuk mengurangi kebiasaan anak kecil untuk mengonsumsi makanan ringan secara berlebihan. Jadi, adik-adik hanya membawa roti, atau makanan berat saja. Setelah waktu istirahat berakhir, kami melanjutkan kegiatan dengan membuat origami berantai. Kami membantu adik-adik sampai mereka mengerti bagaimana cara membuatnya. Adik-adik semua berlomba-lomba membuat rantai yang paling panjang dan membawa hasil origami tersebut pulang ke rumah.

Dari hasil evaluasi kami terhadap adik-adik, kami menyimpulkan sebagai berikut:

1. Salah satu adik yang bernama Aghil, yang terlihat kurang aktif, guru pembimbing mengatakan bahwa Aghil adalah murid baru yang masih menyesuaikan diri dengan lingkungan kelas barunya. Jadi, kami memfokuskan pengajaran kami lebih kepada Aghil agar dia lebih terbiasa berinteraksi dengan kami. 

2. Adik kami yang bernama Nino, merupakan adik yang paling aktif dalam kegiatan belajar mengajar, Ibu pembimbing juga menyatakan bahwa Nino dibantu oleh Ibundanya dalam memahami materi pelajaran.

3. Adik kami yang bernama Meyssa, terlihat paling manja dibanding teman-temannya, karena pada kegiatan membuat origami berantai, Meyssa selalu meminta bantuan kami dalam membuatkan origaminya. 

Adik-adik lainnya, terlihat aktif dan juga sudah mulai terbiasa dengan keberadaan kami yang membantu kegiatan belajar mengajar mereka.

Sekian evaluasi pertemuan pertama kelompok kami dengan adik-adik di PAUD RA Az - Zahra Kreatif.  Terima kasih.
                                                                                         




No comments:

Post a Comment