Laporan Kegitan Mengajar
hari 1
(5
Oktober 2015)
Taman
Kanak-Kanak Ra-Zahra
Binus University ,Teach for Indonesia
(TFI)
Character Building (CB) Pancasila
Hari, Tanggal:
5
Oktober 2015
-Nama Kelompok:
-Alecia Agatha (Jurusan:
Sastra Jepang)
-Chaerrun Nissa (Ketua) (Jurusan: Sastra Jepang)
-Dominicus Adriel (Jurusan:
Sastra Jepang)
-Rosy Chandra (Jurusan:Sastra
Jepang)
-Sean Jonathan Clifford (Jurusan :Sastra Jepang)
-Vinka Laurensia (Jurusan:
Sastra Jepang)
-Willy Lesmana (Jurusan:
Sastra Jepang)
-Nama PAUD:
Taman Kanak-Kanak Ra-Zahra (usia 3-4 tahun)
-Materi pengajaran hari pertama:
1. Mengajarkan anak anak
membaca dan menulis huruf alfabeth (A-Z)
2. Mengenalkan kepada anak
anak satuan angka (1-10)
3. Mengenalkan pada anak anak
tentang warna dasar dan nama nama hewan
4. Membuat berbagai macam
bentuk benda dengan origami
I.
I. Pembukaan
Senin (5/10/2015), kegiatan hari pertama kami sebagai pengajar di TK. Ra -
Zahra dimulai pada pagi hari pukul 7.30 sampai dengan pukul 10.00 siang.
Pada pagi hari pukul 06.00
semua anggota grup berkumpul di kampus Anggrek untuk membahas mengenai apa saja
yang akan kami lakukan di TK. Ra - Zahra dan menyusun materi apa saja yang akan
kami gunakan sebagai materi pengajaran
pada hari pertama.
Setelah menyetujui
materi yang telah kami susun bersama, pada pukul 6.45 kami pergi ke sekolah Ra -
Zahra dengan memakai almamater Binus beserta kartu flazz masing-masing, kami sampai
di lokasi sekitar pukul 07.15, pada saat
itu juga murid – murid TK. Ra - Zahra sedang berbaris rapi untuk bersiap siap
masuk ke kelas masing masing .
Kami pun juga disambut dengan hangat oleh Kepala Sekolah Tk. Ra - Zahra
,Beliau menanyakan tentang materi apa
saja yang akan kita sampaikan dan
menyampaikan perihal apa saja yang harus
kami lakukan agar para siswa Tk. Ra - Zahra merasa nyaman terhadap keberadaan kita sebagai
pengajar sukarela.
Pada pukul 7.30 kami
pun memulai kegiata mengajar .Dari 6 anggota kelompok yang hadir pada hari itu yaitu, Alecia Agatha,
Chaerrun Nissa, Dominicus Adriel, Rossy Chandra, Vinka Laurensia, dan juga
Willy Lesmana, kami pun dipecah menjadi 3 kelompok kecil, yang berisikan masing
masing-masing 2 orang.
Berikut
pembagian kelompoknya :
-
Chaerrun Nissa dan Willy Lesmana (mengajar usia 3 tahun)
-
Rossy Chandra dan Vinka Laurensia (megajar usia 4 tahun)
-
Alecia Agatha dan Dominicus Adriel (mengajar usia 4 tahun)
II.
Proses
Belajar Mengajar
·
Laporan
kelompok pertama
Kami
dibagi menjadi 3 group untuk mengajar anak-anak berusia 3 dan 4 Tahun. Kelas
berusia 4 tahun terdiri dari 2 kelas ( 4A dan 4B) sedangkan kelas berusia 3
tahun hanya 1 kelas. Kami akan membuat laporan pertama kali untuk kelas berusia
3 tahun. Kami ( Chaerrun Nissa) dan (Willy Lesmana) memberikan materi di kelas
berusia 3 Tahun. Pertama-tama kami masuk keruang kelas, mereka melakukan doa
bersama terlebih dahulu, 1 kelas mereka terdiri dari 10 orang. Kemudian guru kelas
mereka mengabsen. Pada saat guru mereka selesai mengabsen, kami berkenalan
dengan mereka dengan menyebutkan nama kami.
Awalnya sulit untuk berinteraksi
dengan mereka, mungkin karena usia mereka yang masih kecil. Namun, kami pantang
menyerah, kami berusaha untuk membuat mereka nyaman dengan keberadaan kami
dikelas. Setelah berkenalan, kami memberikan materi mengenai Abjad dan Angka. Awalnya
kami memperkenalkan mereka huruf Abjad, kemudian salah satu diantara kami
menuliskan huruf Abjad tersebut ke papan tulis. Setelah selesai menulis, kemudian
kami menuntun mereka untuk membaca Abjad tersebut. Dari 10 anak, hanya 3-4 dari
mereka yang sudah mengenal huruf Abjad.
Setelah kami memperkenalkan huruf
abjad, kami memperkenalkan Angka. Kebanyakan dari mereka sudah mengetahui angka
yang telah kami berikan. Sekitar pukul 09:00, mereka istirahat untuk makan dan
minum, namun sebelum mereka makan dan minum, mereka mencuci tangan terlebih
dahulu. Mereka pun baris dengan begitu rapih. Setelah setelah cuci tangan, mereka
kembali ke kelas untuk makan dan minum bekal yang telah
orang tua mereka berikan. Ada salah satu anak yang sangat manja dengan
kami, anak tersebuta bernama Runa. Selain manja, ternyata dia memiliki
keterbelakangan fisik, salah satu syarafnya terjepit, sehingga dia sangat sulit
untuk berkomunikasi.
Sekitar pukul 09:30, mereka selesai
makan, mereka melanjutkan aktivitas main bersama didalam kelas. Mereka bermain
sambal belajar. 30 menit mereka bermain sambal belajar, dan waktu sudah
menunjukan pukul 10:00, mereka merapihkan barang-barang milik mereka. Setelah
selesai membereskan barang, mereka berbaris dan berdoa sebelum pulang kerumah
masing-masing.Abjad.Karena anak kelas berusia 3 dan 4 tahun berbeda waktu
pulangnya.Anak kelas berusia 3 tahun pulang
pada pukul 10:00. Sedangkan anak kelas 4 tahun pulang pada pukul 10:30.
·
Laporan kelompok kedua
Pada laporan kedua dari kelompok
kami, kami membuat laporan untuk anak kelas 4 A tahun. Pada group kedua, terdapat 2 teman
dari kelompok kami yang memberikan materi dikelas 4 A. Materi
awal yang kami ( Adriel dan Alecia) sampaikan adalah cara membaca dan menulis
alfabeth. Kami menuliskan huruf huruf di papan tulis setelah itu kami mulai mengajak anak-anak membaca bersama huruf
huruf tersebut dan membentuk sebuah kata
dari huruf huruf tersebut, seperti a
untuk apel, b untuk buah dan seterusnya .
Materi
kedua yang kami sampaikan adalah menegnai
warna-warna dasar ,dimulai dengan memperkenalkan warna 7 warna pelangi dan juga menyebutkan warna warna buah melalui gambar - gambar yang telah tersedia di
dalam kelas.
Pada
pukul 09.00 murid murid beristirahat, mereka beristirahat sampai dengan pukul
09.30, lalu pelajaran pun kami lanjutkan sampai selesai, pukul 10.30.
Materi terakhir yang kami sampaikan adalah memperkenalkan
kepada mereka tentang binatang binatang yang ada di darat dan di laut dengan
menggambarkannya di papan tulis. Pada pukul 10.30 pelajaran hari itu pun
selesai dan di tutup dengan doa bersama .
·
Laporan
kelompok ketiga
Pada
laporan dari group 3 orang dari teman kami, memberikan materi dikelas yang
berusia 4 tahun / 4B.
Pada
hari pertama, kami ( Rosy dan Laurensia) mengajarkan tentang cara membaca huruf
abjad dengan benar. Tidak hanya itu, kami juga mengajarkan bagaimana cara
menulis huruf abjad. Walaupun dikelas kami sering mati lampu, tetapi itu tidak
membuat kami patah semangat untuk mengajarkan adik – adik kami. Sebelum
melanjutkan pelajaran berikutnya, anak – anak memakan bekal yang dibawa dari
rumah mereka. Tidak lupa sebelum makan mereka sudah berbaris rapih untuk
mencuci tangan. Mereka makan dengan lahap, dan ada beberapa yang tidak memakan
bekal nya entah karena sudah kenyang atau apa.
Istirahat
pun akhirnya selesai dan mereka segera merapihkan bekal mereka. Pelajaran selanjutnya
adalah membuat rantai dari kertas origami. Aku dan Lauren pun segera membantu
mereka untuk membuat rantai nya agar menjadi panjang. Dan tak terasa hari
pertama pun telah selesai. Kami sangat senang bisa mengajarkan adik – adik
kami.
III.
Evaluasi
Kami
dari kelompok 4 kelas Character Bulding LA41. Saya akan melakukan evaluasi
terhadap kegiatan belajar mengajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang
menjadi tugas kami selama satu semester.
Kelompok kami,
terdiri dari tujuh orang, yang diantaranya adalah :
1.
Alecia Agatha
2.
Chaerrun Nissa (Ketua)
3.
Dominicus Adriel
4.
Rosy Chandra
5.
Sean Jonathan Clifford
6.
Vinka Laurensia
7.
Willy Lesmana
Namun
pada kegiatan pertama kami, yaitu pada tanggal Senin, 5 Oktober 2015, salah
satu anggota kami, Sean Jonathan Clifford tidak dapat menghadiri kegiatan
tersebut dikarenakan kondisi tubuh yang tidak kondusif. Oleh seban itu, kami
hanya menjalankan aktivitas kami berenam.
Pada
pulul 07.00 kami awali dengan briefing untuk memastikan segala materi yang akan
kami sampaikan kepada adik-adik nantinya. Kemudian pada pukul 07.20 kamipun
berangkat ke TK RA. Az - Zahra Kreatif. Ketika kami sampai, adik-adik sedang
melakukan barus berbaris sambil menyanyikan lagu-lagu nasional, mengucapkan
doa-doa, dan juga melakukan absensi sampai pada pukul 08.00. Setelah adik-adik
PAUD memasuki kelas masing-masing, kelompok kami dibagi menjadi tiga buah
kelompok lagi yang mengajar di kelas yang berbeda. Diantaranya adalah:
1. Chaerrun
Nissa dan Willy Lesmana mengajari adik-adik yang berumur tiga tahun.
2. Alecia
Agatha dan Dominicus Adriel mengajari adik-adik yang berumur empat tahun.
3. Rosy Chandra
dan Vinka Laurensia mengajari adik-adik yang berumur empat tahun.
Setelah
pembagian kelas tersebut, kami memulai kelas dengan memperkenalkan diri, Ibu
guru yang membimbing kamipun membantu mengarahkan kami dalam mengajar.
Kemudian, kami mengajari Abjad dari A sampai dengan Z, memperkenalkan Angka,
dan diikuti dengan latihan menulis dengan huruf kecil. Setelah pelajaran
selesai, tidak terasa jam telah
menunjukkan pukul 09.00, waktunya adik-adik untuk beristirahat dan memakan
bekal yang mereka bawa. Adik-adik di TK. RA Az - Zahra Kreatif tidak diperkenan
untuk membawa snack seperti Taro dan sebagainya, ini diberlakukan untuk
mengurangi kebiasaan anak kecil untuk mengonsumsi makanan ringan secara
berlebihan. Jadi, adik-adik hanya membawa roti, atau makanan berat saja.
Setelah waktu istirahat berakhir, kami melanjutkan kegiatan dengan membuat
origami berantai. Kami membantu adik-adik sampai mereka mengerti bagaimana cara
membuatnya. Adik-adik semua berlomba-lomba membuat rantai yang paling panjang
dan membawa hasil origami tersebut pulang ke rumah.
Dari
hasil evaluasi kami terhadap adik-adik, kami menyimpulkan sebagai berikut:
1.
Salah satu adik yang bernama Aghil, yang terlihat kurang aktif, guru pembimbing
mengatakan bahwa Aghil adalah murid baru yang masih menyesuaikan diri dengan
lingkungan kelas barunya. Jadi, kami memfokuskan pengajaran kami lebih kepada
Aghil agar dia lebih terbiasa berinteraksi dengan kami.
2.
Adik kami yang bernama Nino, merupakan adik yang paling aktif dalam kegiatan
belajar mengajar, Ibu pembimbing juga menyatakan bahwa Nino dibantu oleh Ibundanya
dalam memahami materi pelajaran.
3.
Adik kami yang bernama Meyssa, terlihat paling manja dibanding teman-temannya,
karena pada kegiatan membuat origami berantai, Meyssa selalu meminta bantuan
kami dalam membuatkan origaminya.
Adik-adik
lainnya, terlihat aktif dan juga sudah mulai terbiasa dengan keberadaan kami
yang membantu kegiatan belajar mengajar mereka.
Sekian
evaluasi pertemuan pertama kelompok kami dengan adik-adik di PAUD RA Az - Zahra
Kreatif. Terima kasih.



No comments:
Post a Comment