Laporan Kegitan Mengajar
hari 2
(12
Oktober 2015)
Taman
Kanak-Kanak RA Az-Zahra Kreatif
Binus University ,Teach for Indonesia
(TFI)
Character Building (CB) Pancasila
Hari, Tanggal:
12
Oktober 2015
-Nama Kelompok:
-Alecia Agatha (Jurusan:
Sastra Jepang) (NIM: 1901478452)
-Chaerrun Nissa (Ketua (Jurusan: Sastra Jepang) (NIM:
1901472146)
-Dominicus Adriel (Jurusan:
Sastra Jepang) (NIM: 1901462984)
-Rosy Chandra (Jurusan:Sastra
Jepang)(NIM: 1901466843)
-Sean Jonathan Clifford (Jurusan :Sastra Jepang)(NIM: 19014
-Vinka Laurensia (Jurusan:
Sastra Jepang)(NIM: 1901461350)
-Willy Lesmana (Jurusan:
Sastra Jepang)(NIM: 1901459075)
-Nama PAUD:
Taman Kanak-Kanak RA Az-Zahra Kreatif (usia 3-4 tahun)
-Materi pengajaran hari kedua:
1. Mengajarkan anak anak membaca
dan menulis huruf abjad (A-Z)
2. Memasang puzzel
3. Memperlajari nama-nama
hewan
4. Menceritakan cerita anak –
anak
I.
Pembukaan
Senin (12/10/2015), kegiatan hari kedua kami sebagai pengajar di TK. Ra
Az-Zahra Kreatif dimulai pada pagi hari pukul 7.30 sampai dengan pukul 10.00 siang.
Pada pagi hari pukul 06.00
semua anggota kelompok berkumpul di kampus Anggrek untuk membahas mengenai apa
saja yang akan kami ajarkan di TK RA Az-Zahra Kreatif dan menyusun materi apa
saja yang akan kami gunakan sebagai materi
pengajaran pada hari kedua.
Setelah menyetujui
materi yang telah kami susun bersama, pada pukul 07.00 kami pergi ke TK RA Az –Zahra
Kreatif dengan memakai almamater Binus beserta kartu flazz masing-masing, kami sampai
di lokasi sekitar pukul 07.15. Pada saat
itu, murid-murid TK RA Az-Zahra Kreatif sedang berbaris rapi untuk bersiap siap
masuk ke kelas masing masing .
Kami pun juga disambut dengan hangat oleh Kepala Sekolah TK RA Az-Zahra
Kreatif, Beliau menanyakan tentang
materi apa saja yang akan kita sampaikan
dan menyampaikan perihal apa saja
yang harus kami lakukan agar para siswa TK RA Az-Zahra Kreatif merasa nyaman terhadap keberadaan kami sebagai
pengajar sukarela.
Pada pukul 7.30 kamipun
memulai kegiatan mengajar. Dari 6 anggota kelompok yang hadir pada hari itu yaitu, Alecia Agatha,
Chaerrun Nissa, Dominicus Adriel, Rossy Chandra, Vinka Laurensia dan Willy
Lesmana. Kamipun dipecah menjadi 2 kelompok, dengan pembagian kelompok;
-
Chaerrun Nissa, Willy Lesmana dan Vinka Laurensia (mengajar usia 3 tahun)
-
Alecia Agatha, Dominicus Adriel dan Rosy Chandra (mengajar usia 4 tahun)
II.
Proses
Belajar Mengajar
·
Laporan
kelompok pertama
Pada
hari kedua kegiatan mengajar kami di TK RA Az-Zahra Kreatif, kami dipecah
menjadi dua buah kelompok besar. Setiap kelompok beranggotakan tiga orang.
Dengan pembagian kelompok;
1. Chaerrun
Nissa, Vinka Laurensia, dan Willy Lesmana (umur tiga tahun)
2. Alecia
Agatha, Dominicus Adriel, dan Rosy Chandra (umur empat tahun)
Salah
satu anggota kelompok kami, Sean Jonathan Clifford berhalangan hadir dengan
alasan kesehatan. Setelah pembagian kelompok tersebut, kami memulai pagi dengan
berkumpul di Kampus Anggrek dan melakukan briefing pagi. Dalam briefing kami,
kami membahas mengenai materi apa saja yang akan kami sampaikan pada pertemuan
kedua kami ini.
Setelah
berkumpul sampai pada pukul 07.00 WIB, kamipun memutuskan untuk berangkat
menuju TK RA Az-Zahra Kreatif dengan semangat mengajar. Perjalanan kami menuju
PAUD serasa sangat cepat karena kami dipenuhi oleh semangat yang menggebu untuk
mengajari adik-adik.
Sesampainya
di TK RA Az-Zahra Kreatif, kami dikelilingi oleh pemandangan adik-adik yang
lucu sedang melakukan baris berbaris dan mengucapkan doa-doa. Selain itu,
menyanyikan lagu-lagu nasional seperti Hari Merdeka juga menjadi kegiatan rutin
di PAUD ini. Hal ini bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalis pada usia dini
kepada adik-adik.
Setelah
pukul 08.00, adik-adik memasuki kelasnya masing-masing. Kamipun segera memasuki
kelas yang akan kami ajari pula. Kelompok kami, Chaerrun Nissa, Vinka Laurensia
dan Willy Lesmana segera memasuki kelas dan kembali memperkenalkan diri. Karena
Vinka Laurensia baru memasuki kelas Abu Bakar bersama Chaerrun Nissa dan Willy
Lesmana.
Setelah
acara perkenalan kami selesai, kamipun mulai menyanyikan lagu anak-anak bersama
adik-adik. Mereka sangat antusias ketika bernyanyi bersama kami, merekapun
tampak senang dengan kehadiran kami. Setelah hampir tiga puluh menit kami
bernyanyi bersama, kegiatan kami, kami lanjutkan dengan menebak suara-suara
hewan.
Suasana
sangat menyenangkan bersama adik-adik TK RA Az-Zahra Kreatif yang sangat ceria
dan antusias. Kegiatan juga kami lanjutkan dengan memperkenalkan nama-nama
hewan yang jarang mereka dengar seperti udang, hamster, dan lain sebagainya.
Untuk mengisi waktu kami, Chaerrun Nissa menceritakan cerita anak-anak, seperti
Kura-kura dan Kelinci yang melakukan lomba lari. Adik-adik terlihat sangat
senang, dan sangat mengikuti alur cerita dengan raut wajah yang sangat fokus. Vinka
Laurensia dan Willy Lesmana mengabadikan momen-momen pengajaran kami dan
memperhatikan adik-adik lainnya.
Tidak
terasa, akhirnya jam makan bekal telah tiba, adik-adikpun dituntun untuk
mencuci tangannya hingga bersih dan mengucapkan doa-doa sebelum makan. Kami membantu
adik-adik untuk membukakan bekal mereka yang sehat. Adik-adikpun dengan nikmat
menikmati makanan yang mereka bawa.
Setelah
jam makan berakhir, kegiatan kami lanjutkan dengan bermain bersama adik-adik.
Bermain dengan balok-balok, puzzle, dan juga lilin mainan. Walaupun terjadi
sedikit kericuhan karena dua dari adik-adik memperebutkan lilin mainan, namun
keadaanpun membaik setelah kami membagikan lilin mainannya.
Tidak
terasa lagi, waktu pulang telah dekat. Ibu guru membimbing adik-adik untuk
membereskan barang bawaan mereka dan mengucapkan doa sebelum pulang kerumah.
Maka kegiatan kamipun berakhir pada pukul 10.00 WIB.
Willy dan Nissa menjelaskan nama-nama hewan
Nissa dan Lauren sedang bercerita
Lauren dan Nissa sedang bercerita
· Laporan Kelompok kedua
Tak
terasa pertemuan kedua pada Senin, 12 Oktober 2015 telah dilaksanakan. Hari
ini, kami dibagi menjadi dua kelompok yang setiap kelasnya terdiri dari 3 orang
pengajar. Kelompok kami terdiri atas Alecia, Adriel, dan Rosy. Pertama-tama
kami memperkenalkan tentang profesi dan buah-buahan melalui poster yang telah
disiapkan.
Setelah itu, kami mengajarkan mereka berhitung
dengan menggunakan Bahasa Inggris. Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti
pelajaran ini. Kami juga memberikan beberapa tebakan gambar seperti gambar
ikan, gunung, dan buku. Sebelum istirahat, kami sempat meminta beberapa anak
untuk maju dan menuliskan nama mereka di papan tulis.
Setelah
istirahat selesai, kami menyediakan dua puzzle yang harus di tempelkan di
kertas karton. Pada permainan ini, kami membagi anak-anak menjadi 2 kelompok
yang terdiri dari 4 orang anak per kelompok. Kami pun turut membantu mereka
dalam menyusun dan menempelkan gambar puzzle tersebut.
Setelah
selesai menyusun puzzle, kami semua mengajak mereka bernyanyi. Mereka
mengikutinya dengan semangat,hingga waktu pelajaran usai pun tiba pada pukul
10.30 siang .Inilah kegiatan kelompok kami pada minggu keduaa ini,sekian dan
terimakasih.
Adriel, Rosy, dan Aleycia menjelaskan dengan poster
Rosy, Adriel, dan Aleycia menjelaskan huruf
Aleycia, Rosy, dan Adriel menempel puzzle
III.
Evaluasi
Kami
dari kelompok 4 kelas Character Bulding LA41. Saya akan melakukan evaluasi
terhadap kegiatan belajar mengajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang
menjadi tugas kami selama satu semester.
Kelompok kami,
terdiri dari tujuh orang, yang diantaranya adalah :
1.
Alecia Agatha
2.
Chaerrun Nissa (Ketua)
3.
Dominicus Adriel
4.
Rosy Chandra
5.
Sean Jonathan Clifford
6.
Vinka Laurensia
7.
Willy Lesmana
Namun
pada kegiatan kedua kami, yaitu pada tanggal Senin, 12 Oktober 2015, salah satu
anggota kami, Sean Jonathan Clifford tidak dapat menghadiri kegiatan tersebut
dikarenakan kondisi tubuh yang masih belum kondusif. Oleh sebab itu, kami hanya
menjalankan aktivitas kami berenam.
Pada
pulul 07.00 kami awali dengan briefing untuk memastikan segala materi yang akan
kami sampaikan kepada adik-adik nantinya. Kemudian pada pukul 07.20 kamipun
berangkat ke TK RA. Az - Zahra Kreatif. Ketika kami sampai, adik-adik sedang
melakukan barus berbaris sambil menyanyikan lagu-lagu nasional, mengucapkan
doa-doa, dan juga melakukan absensi sampai pada pukul 08.00. Setelah adik-adik
PAUD memasuki kelas masing-masing, kelompok kami dibagi menjadi dua buah
kelompok yang mengajar di kelas yang berbeda. Diantaranya adalah:
1. Chaerrun
Nissa, Vinka Laurensia, dan Willy Lesmana mengajari adik-adik yang berumur tiga
tahun.
2. Alecia
Agatha, Dominicus Adriel, dan Rossy Chandra mengajari adik-adik yang berumur
empat tahun.
Setelah
pembagian kelas kami pun langsung masuk ke kelas masing-masing.
Beberapa anak
ada yang ingat nama kami dan juga ada yang tidak mengenal kami sama sekali
karena minggu lalu anak itu tidak masuk. Jadi kami melakukan perkenalan diri
lagi kepada mereka. Mereka sungguh antusias menyambut kedatangan kami.
Setelah
melakukan perkenalan kami langsung memberi materi, kami memperkenalkan mereka
nama-nama hewan dan buah-buahan melalui poster yang telah kami siapkan sebelum
mulai mengajar. Mereka sungguh sangat antusias menjawab dan menunjuk nama hewan
apa yang kita tanyakan. Beberapa anak ada yang maju ke depan hanya untuk
menunjuk gambar yang kita tanyakan.
Setelah
mengajar dengan poster, kami semua mengajak anak-anak bernyanyi sambil menari.
Mereka melakukannya dengan semangat sekali. Setelah menyanyi, kami membacakan
mereka cerita tentang kura-kura dan kelinci. Mereka sangat suka mendengarkannya.
Tidak terasa jam telah menunjukkan pukul 09.00, waktunya adik-adik untuk
beristirahat dan memakan bekal yang mereka bawa. Mereka pun memakan bekal
mereka dengan lahapnya.
Setelah makan,
mereka bermain dengan mainan yang disediakan di PAUD tersebut. Ada yang bermain
puzzle, lego, lilin, dll. Mereka terlihat sangat senang sekali
Setelah itu
mereka membaca doa untuk pulang dan akhirnya mereka pulang dengan mengucapkan
salam kepada kami.
Sekian evaluasi
pertemuan kedua kelompok kami dengan adik-adik di PAUD RA Az - Zahra Kreatif. Terima kasih.






No comments:
Post a Comment