Sunday, 25 October 2015

CB PANCASILA LA41 PERTEMUAN KETIGA (19 OKKTOBER 2015)

  Laporan Kegitan Mengajar Minggu ke 3
(19 Oktober 2015)
Taman Kanak-Kanak Ra-Zahra

Binus University ,Teach for Indonesia (TFI)
Character Building (CB) Pancasila 

-Hari,Tanggal:
Senin,19 Oktober 2015

-Nama Kelompok:
-Alecia Agatha                       (Jurusan: Sastra Jepang)
-Chaerrun Nissa (Ketua)      (Jurusan: Sastra Jepang)
-Dominicus Adriel                 (Jurusan: Sastra Jepang)
-Rossy Chandra                     (Jurusan:Sastra Jepang)
-Vinka Laurensia                    (Jurusan: Sastra Jepang)
-Willy Lesmana                      (Jurusan: Sastra Jepang)

-Nama PAUD:
Taman Kanak-Kanak Ra-Zahra (usia 3-4 tahun)

-Materi pengajaran minggu ke-3:
1.      Mengajarkan anak anak mengenal bentuk bentuk bangun
2.      Menghitung 1 -10  dan penjumlahan dalam bahasa Indonesia dan Inggris
3.      3.Membaca   jam dalam bahasa Indonesia dan Inggris
4.      Mewarnai gambar
5.      Menceritakan cerita anak-anak
6.      Mengajar menganai hewan hewan-hewan  buas dan hewan-hewan  air  yang hidup di bumi


 Pembukaan

Senin (19/10/2015), kegiatan  hari ketiga kami sebagai pengajar di TK. Ra Az-Zahra Kreatif dimulai pada pagi hari pukul 7.30 sampai dengan pukul  10.00 siang.
Pada pagi hari pukul 06.00 semua anggota kelompok berkumpul di kampus Anggrek untuk membahas mengenai apa saja yang akan kami ajarkan di TK RA Az-Zahra Kreatif dan menyusun materi apa saja yang akan kami gunakan sebagai  materi pengajaran pada hari kedua.
Setelah menyetujui materi yang telah kami susun bersama, pada pukul 07.00 kami pergi ke TK RA Az –Zahra Kreatif dengan memakai almamater Binus beserta kartu flazz masing-masing, kami sampai di lokasi  sekitar pukul 07.15. Pada saat itu, murid-murid TK RA Az-Zahra Kreatif sedang berbaris rapi untuk bersiap siap masuk ke kelas masing masing .

Kami pun juga  disambut  dengan hangat oleh Kepala Sekolah TK RA Az-Zahra Kreatif, Beliau menanyakan tentang  materi apa saja yang akan kita sampaikan  dan menyampaikan  perihal apa saja yang harus kami lakukan agar para siswa TK RA Az-Zahra Kreatif merasa  nyaman terhadap keberadaan kami sebagai pengajar sukarela.

Pada pukul 7.30 kamipun memulai kegiatan mengajar. Dari 6 anggota kelompok  yang hadir pada hari itu yaitu, Alecia Agatha, Chaerrun Nissa, Dominicus Adriel, Rossy Chandra, Vinka Laurensia dan Willy Lesmana. Kamipun dipecah menjadi 2 kelompok, dengan pembagian kelompok;
- Chaerrun Nissa, Willy Lesmana dan Vinka Laurensia (mengajar usia 3 tahun)
- Alecia Agatha, Dominicus Adriel dan Rosy Chandra (mengajar usia 4 tahun)


LAPORAN KELAS 3 TAHUN

            Kelompok satu, yaitu kelompok yang melaksakan kegiatan mengajar untuk anak umur tiga tahun di TK RA Az-Zahra Kreatif kelas Abu Bakar beranggotakan tiga orang, yaitu Chaerrun Nissa, Vinka Laurensia, dan Willy Lesmana.

            Setelah menuju ke TK RA Az-Zahra Kreatif, kamipun selalu dihujani dengan pemandangan yang selalu penuh semangat adik-adik. Bernyanyi, mengucap doa-doa dan mengucapkan salam dengan bersungguh-sungguh. Pukul delapan sudah tiba, adik-adikpun segera memasuki kelasnya masing-masing. Kami segera menyapa Ibu Kepala Sekolah sebelum mengajar.

            Ketika kami memasuki kelas Abu Bakar pagi ini, kami menyadari bahwa ada salah seorang anak baru di kelas kami, adik ini bernama Raffa. Karena baru saja memulai harinya di PAUD, Raffa masih ditemani oleh Ibunda. Adik Raffa masih belum terbiasa dengan kondisi di kelas dan juga kegiatan-kegiatan di dalam kelas Abu Bakar, oleh sebab itu sang Ibunda masih sering memberikan arahan kepada Raffa.

            Kelas kembali kami mulai dengan perkenalan. Kemudia kami lanjutkan dengan pengenalan sayur-sayuran. Adik-adik tampak sangat antusias dengan berbagai macam sayuran yang kami tampilkan, menanyakan nama-nama sayuran dan menebaknya.

 Setelah kami memperkenalkan sayuran, kamipun bercerita mengenai cerita aak-anak yang berjudul “Kelinci dan Kura-kura” Proses mendongeng kami sedikit terhambat karena ada salah satu adik yang menangis. Kemudian Ibu Guru menenangkan adik tersebut. Sesaat setelah keadaan menjadi cukup tenang bagi kami untuk melanjutkan bercerita, kamipun kembali bercerita.

Cerita kami akhiri dengan sesi tebak-tebakan dengan para adik-adik TK RA Az-Zahra Kreatif. Seputar pertanyaannya mencakup mengenai dongeng yang kami bawakan sebelumnya. Tidak terasa waktu telah menunjukkan nyaris pukul sembilan, yaitu jam istirahat adik-adik, kamipun mengajak adik-adik untuk bernyanyi dan juga berdoa sebelum memakan bekal bawaan mereka.

Kegiatan dilanjutkan dengan mencuci tangan adik-adik TK Ra Az-Zahra Kreatif, Adik-adik diminta untuk berbaris yang rapi dan berjalan menuju tempat cuci tangan. Setelah kembali ke kelas, kami membantu adik-adik untuk membukakan bekal mereka dan juga membantu mereka untuk menyantap bekal mereka.

Kegiatan makan akan berlansung selama kurang lebih setengah jam, yang dilanjutkan dengan acara bermain sampai degan jam pulang. Banyak adik-adik yang bermain dengan lilin, kereta kayu, maupun balok-balok. Kamipun menemani mereka bermain. Setelah jam menunjukkan pukul 09.50, adik-adik diminta untuk mengembalikan mainan mereka ke kotak yang seharusnya. Kemudian berkemas dan juga memakai tas mereka.

Setelah adik-adik berbaris, mereka diminta untuk melantunkan doa agar selamat kembali ke rumah masing-masing. Adik-adik tampak sangat mengetahui doa yang mereka lantunkan dengan semangat. Kemudian, adik-adikpun dipulangkan.
Sekian laporan kelompok satu mengenai kegiatan mengajar ketiga di TK RA Az-Zahra Kreati

LAPORAN KELOMPOK 4 TAHUN

   Pada minggu ke 3 ini kami (Adriel ,Alecia,dan Rosy) mengajar anak anak umur 4 tahun di kelas yang sama seperti minggu ke 2 ,pelajaran diawali dengan mengajarkan anak-anak mengenai bentuk bentuk bangun datar melalui poster yang telah kami sediakan,lalu dilanjutkan dengan menhitung angka dari 1 ampai dengan 10 menggunakan bahasa inggris dan juga berhitung dalam bahasa inggris

   Materi yang  disampaikan selanjutnya ,pada minggu ini adalah waktu yang terdiri dari  mengenal angaka yang ada pada jam (1-12) dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris  ,dan membaca arah jarum jam yang telah digambar di papan tulis.
   Tepat  jam 8.30 kami  melanjutkan materi  ke sesi selanjutnya ,yaitu sesi   mewarnai gambar , dengan tujuan untuk  melatih daya motoric serta kreatifitas para murid melalui gambar dan warna .
   Kegiatan mewarnai pun selesai pada pukul  9 anak-anak pun beristirahat dan memakan bekal masing masing ,setelah selesai  materi pun kami lanjutkan,yaitu  mengenal hewan-hewan buas serta hewan hewan air,anak anak pun sangat antusias karena ada beberapa macam hewan yang belum pernah mereka ketahui sebelumnnya .Pelajaran berakhir pada pukul 10 ,kelas pun dibubarkan dan ditutup dengan doa sebelum pulang.Itulah kegiatan kami pada minggu ke-3 ,sekian dan terima kasih.




III.        Evaluasi

Kami dari kelompok 4 kelas Character Bulding LA41. Saya akan melakukan evaluasi terhadap kegiatan belajar mengajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang menjadi tugas kami selama satu semester.
Kelompok kami, terdiri dari tujuh orang, yang diantaranya adalah :
1. Alecia Agatha
2. Chaerrun Nissa (Ketua)
3. Dominicus Adriel
4. Rosy Chandra
5. Sean Jonathan Clifford
6. Vinka Laurensia
7. Willy Lesmana

Namun pada kegiatan ketiga kami, yaitu pada tanggal Senin, 19 Oktober 2015, salah satu anggota kami, Sean Jonathan Clifford tidak dapat menghadiri kegiatan tersebut dikarenakan bangun kesiangan. Oleh sebab itu, kami hanya menjalankan aktivitas kami berenam.

Pada pulul 07.00 kami awali dengan briefing untuk memastikan segala materi yang akan kami sampaikan kepada adik-adik nantinya. Kemudian pada pukul 07.20 kamipun berangkat ke TK RA. Az - Zahra Kreatif. Ketika kami sampai, adik-adik sedang melakukan barus berbaris sambil menyanyikan lagu-lagu nasional, mengucapkan doa-doa, dan juga melakukan absensi sampai pada pukul 08.00. Setelah adik-adik PAUD memasuki kelas masing-masing, kelompok kami dibagi menjadi dua buah kelompok yang mengajar di kelas yang berbeda. Diantaranya adalah:
1. Chaerrun Nissa, Vinka Laurensia, dan Willy Lesmana mengajari adik-adik yang berumur tiga tahun.
2. Alecia Agatha, Dominicus Adriel, dan Rossy Chandra mengajari adik-adik yang berumur empat tahun.

Setelah pembagian kelas kami pun langsung masuk ke kelas masing-masing.
Beberapa anak ada yang ingat nama kami dan juga ada yang tidak mengenal kami sama sekali karena minggu lalu anak itu tidak masuk. Jadi kami melakukan perkenalan diri lagi kepada mereka. Mereka sungguh antusias menyambut kedatangan kami.

Setelah melakukan perkenalan kami langsung memberi materi, kami memperkenalkan mereka nama-nama hewan dan sayur-sayuran melalui poster yang telah kami siapkan sebelum mulai mengajar. Mereka sungguh sangat antusias menjawab dan menunjuk nama hewan apa yang kita tanyakan. Beberapa anak ada yang maju ke depan hanya untuk menunjuk gambar yang kita tanyakan.

Setelah mengajar dengan poster, kami semua mengajak anak-anak bernyanyi sambil menari. Mereka melakukannya dengan semangat sekali. Setelah menyanyi, kami membacakan mereka cerita tentang ‘Kancil dan Buaya’. Mereka sangat suka mendengarkannya. Tidak terasa jam telah menunjukkan pukul 09.00, waktunya adik-adik untuk beristirahat dan memakan bekal yang mereka bawa. Mereka pun memakan bekal mereka dengan lahapnya.
Setelah makan, mereka bermain dengan mainan yang disediakan di PAUD tersebut. Ada yang bermain puzzle, lego, lilin, dll. Mereka terlihat sangat senang sekali
Setelah itu mereka membaca doa untuk pulang dan akhirnya mereka pulang dengan mengucapkan salam kepada kami.

Sekian evaluasi pertemuan ketiga kelompok kami dengan adik-adik di PAUD RA Az - Zahra Kreatif.  Terima kasi



No comments:

Post a Comment